Tips Menyaring Konten Dewasa di Google Play Store

Tips Filtering Konten Dewasa di Google Play StoreLiputan6.com, Jakarta – Toko aplikasi untuk perangkat Android, Google Play Store, menawarkan jutaan jenis aplikasi bagi pengguna. Tak hanya aplikasi berjenis game, produktivitas, ataupun media sosial, di Google Play Store juga tersedia sejumlah aplikasi yang berisikan konten-konten dewasa.
Hal tersebut tentunya tidak terlalu jadi masalah jika pengguna perangkat Android-nya adalah orang dewasa. Namun jika digunakan oleh anak-anak, tentu konsekuensinya akan berbeda.
Nah, bagi Anda para orangtua yang membekali anak-anaknya dengan smartphone ataupun tablet Android, diperlukan sejumlah pengaturan untuk memilah mana aplikasi yang boleh dan tidak boleh diakses oleh anak-anak.
Berikut adalah cara mudah mem-filter aplikasi yang terdapat di Google Play Store agar aman bagi anak-anak:
1. Buka toko aplikasi Google Play Store di perangkat Android Anda. Lalu pilih menu ‘Setting’ (pengaturan) yang bisa diakses melalui toolbar yang berada di bagian pojok kiri layar.

 
2. Lalu pilih menu ‘Content Filtering’ untuk memilah pengaturan yang Anda inginkan sesuai dengan usia pengguna perangkat.


 
3. Ada beberapa opsi pengaturan yang tersedia, yaitu Everyone, Low Maturity, Medium Maturity, High Maturity, dan Show All Apps. Anda pun dimungkinkan untuk memberikan password khusus untuk membuka pengaturan.

Nah, bagi Anda yang ingin melindungi anak-anak dari konten dewasa, pilihlah pengaturan ‘Everyone’. Sementara opsi pengaturan lainnya akan semakin melonggarkan filtering dan menampilkan konten-konten dewasa.
 
 
(dhi/dew)