Skyegrid penyedia Cloud Gaming Pertama di Indonesia

Maraknya industri game di dunia, yang menyajikan spesifikasi grafik yang tinggi serta alur dalam permainan yang semakin menarik, membuat kalangan para gamers yang belum mampu untuk memiliki spesifikasi PC yang mumpuni untuk bisa menikmati game yang sedang populer saat ini. Banyak perusahaan Startup yang mengembangkan suatu sistem yang membuat game menjadi ringan dengan sistem sreaming, sebut saja Cloud Gaming, apa itu Cloud Gaming ?.

Gambar 0.1 Game Playstation

Cloud Gaming masih sangat minim pengetahuan di kalangan gamers di indonesia, Cloud Gaming adalah kemampuan untuk bermain game di perangkat apa pun tanpa memiliki perangkat fisik yang di perlukan untuk memprosesnya. Jadi kamu bisa bermain game di mana saja, kapan saja, tanpa spesifikasi perangkat yang mumpuni.

Namun kini di Indonesia sudah ada perusahaan yang pertama kali membuat layanan Cloud Gaming yaitu Skyegrid.

Gambar 0.2 Skyegrid

Skyegrid adalah sebuah layanan streaming game berbasis Cloud multi-platform. Bayangkan sebuah Netflix atau Spotify, namun kontennya adalah video games atau game AAA (triple A). Intinya, kamu bisa memainkan ratusan game PC yang tersedia di rak Skyegrid melalui platform-platform yang telah mendukung, meliputi Windows, Mac, Linux, Android dan Smart TV, selama terhubung dengan Internet.

Berikut apa saja komponen yang terlibat dan berperan untuk membangun Cloud Gaming sehingga bisa membuat game yang memerlukan spesifikasi prangkat yang tinggi bisa di mainkan di prangkat yang tidak memiliki spesifikasi yang di haruskan.

Opsi arsitektur Cloud Gaming :

1. Command Streaming

2. Vidio Streaming

Aktor dalam Cloud Gaming :

                                1. Cloud Provider, contoh : IBM, Google

                                2. GPU, contoh : Nvidia

                                3. ISP, contoh : Telkom

                                4. Game Developer, contoh : EA, Ubisoft

                                5. yang mengakses : PC, Mobile, Console, Smart TV

                Cloud Gaming Service :

                                1. PC Streaming

                                2. File Streaming

                                3. Gaming On Demand

                                4. Cloud RIG Rental

                Yups, itulah komponen yang menjadikan Cloud Gaming terbentuk menjadi sistem yang di percaya sebagai sistem masa depan, dengan segi kemudahaan penggunannya, dan kamu harus tau bahwa Cloud Gaming itu bukan emulator.

Emulator adalah suatu software yang di gunakan untuk menjalankan sistem yang tidak kompitable, dengan emulator kamu bisa menggunakan softwere apapun namun membutuhkan ROM untuk menjalankan nya.

                Sedangkan Cloud Gaming di ciptakan untuk masalah ini, pengguna tidak perlu lagi mendownload atau menginstall game yang akan di gunakan walaupun game itu membutuhkan perangkat yang mumbutuhkan spesifikasi yang tinggi serta dapat di akses di perangkat manapun.