MacOS Mojave 10.14 Tips dan Trik

Disunting dari Techradar, sekarang macOS Mojave sudah resmi diliris, kamu bisa mendownload dan menginstal operating system terbaru dan mengete fitur terbarunya. Jika kamu bingung harus memulai darimana, maka panduan ini akan sedikit membantu memberi tips dan trik mengenai macOS Mojave.

 

  1. Coba ‘Dark Mode’ untuk kenyamanan pekerjaan di malam hari

Dark mode merupakan fitur paling teranyar yang dimiliki macOS Mojave yang dapat menampilkan tampilan gelap di desktop kamu. Bukan saja tentang astetik, mode gelap atau Dark Mode ini di design langsung oleh Apple untuk membantu kamu agar lebih focus terhadap pekerjaanmu. Dark Mode juga sangat nyaman digunakan pada saat malam hari maupun dalam keadaan minim cahaya langsung ke mata kamu. Yang paling terbaik adalah, macOS Mojave Dark Mode sangat mudah di ON dan OFF. Cukup buka System Preferences > General dan pilih tampilan ‘Light’ atau ‘Dark’.

  1. Coba ‘Stack’ untuk mengorganisasi lebih desktop

Kamu mempunyai tatanan desktop yang tidak rapi yang dapat menganggu ketika kamu mencari file ataupun folder penting, di dalam macOS Mojave sekarang lebih mudah untuk membuat desktop kamu menjadi lebih rapi. Terima kasih kepada fungsi ‘Stack’, yang mana sekarang bisa dengan mudah mengumpulkan file kamu menjadi mudah dikelola. Sehingga semua file gambar kamu bisa dikumpulkan dalam sebuah grup secara bersamaan di desktop kamu. Selain gambar, file juga bisa terorganisir, serta tidak berantakan berada di desktop kamu.

Untuk membuka Stack, klik kanan atau dua jari, maka files akan otomatis terorganisir dengan sendirinya. Atau pada desktop, tekan ‘View’ di menu bar di Finder dan select file ‘Use Stacks’. Jika kamu ingin mengubah grup Stack, klik ‘View’ lalu ‘Group Stacks by’ dan pilih apapun yang ingin kalian grup-kan atau dijadikan satu.

  1. Pakai ‘Quick Action’ untuk bekerja lebih cepat di Finder

Finder merupakan alat terbaik yang dimiliki macOS bertahun-tahun, dan keluaran terbaru sekarang menjadi lebih unggul dan berguna. Ketika scrooling diantara file satu dengan file lain di Gallery View, kamu dapat dengan cepat melihat preview file kamu, sehingga tidak membutuhkan banyak waktu untuk mencari file.

Di Preview Pane (Command + Shift + P di keyboard), kamu dapat melihat informasi tentang file kamu, dan kamu dapat langsung mengeditnya secara langsung di Finder menggunakan Quick Action. Itu berarti kamu dapat me-rotate gambar, mengkombinasikan file menjadi single PDF file, edit video, dan sebagainya tanpa harus membuka aplikasinya.

  1. Screenshoot sekarang menjadi lebih mudah

Apple sudah melakukan perbaikan untuk bagaimana cara mengambil screenshoots di macOS Mojave. Jika kamu menekan tombol Command + Shift + 5 di keyboard, tampilan screenshoot baru terbuka. Ketika kamu berhasil screenshoot, kamu bisa membukanya dengan cepat dan menambahkan kata, maupun mengambarinya. Ini juga termasuk super mudah untuk screenshoot pesan atau emai.

  1. Tetap terkoordinasi ketika membuka tab baru dengan ikon website

Safari 12 merupakan web browser terbaru, dan itu terinstall secara otomatis dengan macOS 10.14 Mojave. Safari mengenalkan beberapa fitur baru, seperti saran password untuk membantu password lebih aman. Akan tetapi fitur terbaiknya adalah dapat melihat website ikon, yang terlihat ketika kamu membuka website di tab baru. Bagaimana pun satu dari fitur baru adalah support ikon website, yang dapat ditampilkan ketika kamu membuka tab baru. Ini sangat menguntungkan jika kamu memiliki tab banyak untuk dibuka. Untuk menyalakan fitur ini, buka Safari Preferences lalu ‘Tabs’, lalu pilih “Show website icons in tabs”.

  1. Gunakan password yang kuat

Sebelumnya kita menyebutkan bagaimana Safari dapat membantu kita membuat password yang kuat. Di macOS Mojave, Safari secara otomatis menyarankan password yang aman dan kuat ketika kamu sign up ke akun online. Passwordnya unk dan akan sulit di crack ataupun dilacak. Sementara itu, menggunakan password yang sama ke berbagai website dan service dapat mengurangi keamanan kamu, sebagai hacker membutuhkan satu passwordmu untuk berbagai akunmu. Untuk membantu proteksi melawan ini (hacker), Safari di macOS Mojave sekarang akan memberi tahumu jika kamu menggunakan password yang sama untuk berbagai website, sehingga kamu dapat langsung mengganti passwordmu agar lebih aman.

  1. Hilangkan scanner dengan ‘Continuity Camera’

Salah satu fitur terbaik milik macOS Mojave, terutama untuk orang yang selalu scanning foto dan dokumen, ada Continuity Camera. Itu mengijinkan kamu untuk menggunakan iPhone untuk memfoto atau scan objek dan dokumen yang secara instan akan masuk ke Mac kamu. Klik kanan di Finder, Mail, Message, Notes, Page, Keynote atau Numbers dank au akan melihat opsi di menu bertuliskan “Take a Photo” atau “Scan Document”. Pilih dan gunakan iPhonemu untuk mengambil gambar. Ini akan menjadi menghemat waktu untuk banyak orang.

  1. ‘Mac App Store’ tampilan baru

Di macOS Mojave, Apple meredesign Mac App Store baru. Sekarang menjadi lebih mudah daripada sebelumnya ketika kamu mencari aplikasi yang kamu inginkan, dengan aplikasi tab baru untuk Create, Work, Play and Develop.