Kampus STTI NIIT Bentuk UKM eSport Untuk Menyalurkan Minat Mahasiswa Dibidang Game

Berita Kampus – Berbicara eSport mungkin masih banyak orang yang belum tahu.  eSport merupakan sebuah kompetisi game yang sudah ada sejak lama atau tahun 1972 yang lalu.

Di era 90-an, teknologi internet pun mulai merebak di Amerika Serikat (AS) kala itu. Alhasil, kompetisi game pun berkembang menjadi kompetisi-kompetisi online, beserta dengan organisasi yang punya visi untuk menjadikan kompetisi game menjadi sebuah industri eSport.

Di Indonesia pun eSport atau bidang olahraga elektronik sedang berkembang cukup pesat. Hal itu ditandai dengan semakin seringnya kejuaraan eSport digelar dengan hadiah yang menggiurkan.

Kondisi ini kian membuat banyak orang tertarik menjadi atlet E-Sport Profesional.

Setelah parlehatan ASIAN GAMES 2018 lalu, Indonesia merupakan negara pertama kali yang menyelenggarakan kompetisi terbesar esport di Asia Tenggara.

Dengan kemajuan esport di Indonesia membuat kampus STTI NIIT tidak mau ketinggalan untuk menemukan minat dan bakat mahasiswa dibidang eSport.

Gambar 1.1 Kompetisi Indonesia eSport Games 2018

“Sebagai wadah penyaluran hobi mahasiswa yang hobi main game, tentunya kearah kompetitif eSport dan media promosi kampus”. Ujar Jendro Hardiyanto saat ditemui di Kantin STTI NIIT.

eSport di kampus STTI NIIT masuk dalam Unit Kegiatan Mahasiswa yang dikoordinatori oleh Badan Eksekutif Mahasiswa.

Terdapat 5 Cabang eSport yang terdapat di Kampus STTI NIIT diantaranya Dota 2, Mobile Legends, Point Blank, Fortnite dan AOV. UKM eSport mempunya jadwal latihan setiap hari Senin dan Rabu di ruang lab komputer dengan spesifikasi khusus gaming.

Gambar 1. 2 Coach Clinic latihan eSport I-Tech

eSport I-Tech pun sudah pernah mengikuti beberapa kompetisi nasional salah satunya adalah Indonesia eSport Games 2018.  Meskipun belum mendapatkan juara dalam kompetisi tersebut, mereka tidak menyerah untuk tetap latihan dan mengikuti kompetisi-kompetisi selanjutnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua eSport I-Tech saat diwawancara di kantin kampus STTI NIIT Jakarta Selatan.

Langkah selanjutnya eSport I-Tech melakukan tahapan-tahapan diantaranya latihan yang dipandu oleh coach untuk mempersiapkan kompetisi yang akan datang di tahun 2019 yaitu Lomba eSport antar Universitas.