Google Membuat Doodle Hari Ayah

Google kali ini ikut menyemarakan Hari Ayah nasional yang jatuh pada hari ini (12 November 2018). Dipasangnya doddle khusus hari ayah atau Father days di google. Google doodle hari ini menampilkan ilustrasi telapak tangan warna warni dengan bentuk sekelompok dinosaurus.

Meski tidak sepopuler peringatan hari ibu, satu hari yang didedikasikan untuk para ayah di Indonesia tersebyt bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional. Hari Ayah pertama kali diprakarsai oleh sebuah komunitas listas agama pada 2006 silam. Uniknya, para pemrakarsa Hari Ayah ini ternyata bukanlah kaum ayah, melainkan para wanita atau kaum ibu yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Posisi ayah dianggap sejajar dengan ibu dan selalu mempunyai cara tersendiri menjalankan perannya sebagai kepala rumah tangga, pemberi nafkah, pelindung, dan masih banyak lagi peran penting di keluarga.

PPIP pun berusaha mencari informasi tentang hari ayah, hingga audience DPRD kota Surakarta untuk menanyakan kapan hari ayah di Indonesia. Setelah melalui kajian yang cukup panjang, PPIP menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia di Surakarta dan menetapkan tanggal 12 November sebagai peringatan Hari Ayah.

Usai deklarasi, mereka mengirimkan buku yang berisi 100 surat anak Nusantara dan piagam deklarasi Ayah kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta bupati 4 penjuru Indonesia, yaitu Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote. Sejak saat itulah tanggal 12 November ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional.