$100 Dollar pertama dari Aplikasi Android

Seiring berjalannya waktu, Teknologi berkembang pesat dalam segala bidang ilmu pengetahuan, Informasi dan Bisnis. Di era yang serba instan serta praktis ini membuat kalangan muda untuk menjadi pebisnis di bidang teknologi, Android Publisher salah satunya yang banyak sekali di minati oleh kalangan muda.

Gambar 0.1 Android

Android Publisher adalah seseorang yang mengembangkan sebuah aplikasi di Android untuk kepentingan bisnis maupun kepentingan sosial. Dengan berbagai keuntungan yang di dapat oleh para pengembang aplikasi ini, sehingga banyak sekali Pemuda yang berbakat di bidang programing untuk mengembangkan aplikasi di Android.

Gambar 0.2 Akbar Kurniawan menjelaskan bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari membuat aplikasi Android

Untuk menjadi Android Publisher, para Developer biasanya melakukan riset terlebih dahulu seperti pengetahuan tentang Java & XML, pemilihan tools, aplikasi yang sedang trending, fungsional dan Visualisasi yang menarik. Untuk pengembangan di bidang Game biasanya developer menggunakan Unity, Android Studio, AppyGen dan Cardova.

Gambar 0.3 Suasana para peserta seminar Publisher Android

Menjadi Developer Android harus kuat mental, menurut Akbar Kurniawan Safitroh, S.Kom merupakan Alumni STTI NIIT yang terjun di bidang Developer aplikasi Android harus memiliki mental yang kuat bila nantinya rating turun dan pendapatan juga ikut menurun, “Banyak Developer Android yang pensiun akibat penurunan rating dan pendapat yang di sebabkan oleh para Developer curang” ujar Akbar Kurniawan Safitroh, S.Kom.

Gambar 0.4 Salah satu peserta sedang bertanya kepada narasumber

Beliau sudah menjadi seorang Developer Android saat dirinya merasa bingung ingin menjadi apa di saat kelulusan kuliahnya, lalu beliau memutuskan untuk mendalami Android Publisher dan mendapatkan keuntungan pertamanya $100 Dollar yang ia dapat dari aplikasi Android. Beliau membeberkan pada acara seminar Android Publisher di Kampus STTI NIIT pada tanggal 19 Desember 2018. Salah satu Mahasiswa I -Tech Mikael Kadga bertanya “bahasa pemrograman apa yang di gunakan untuk mengembangkan aplikasi Android?” lalu Beliau (Akbar Kurniawan Safitroh, S.Kom) menjawab kalau dia hanya menggunakan bahasa pemrograman Java.